Strategi Bersaing Dalam Unit Bisnis

Produsen berbiaya rendah harus menemukan dan mengeksploitasi semua sumber keunggulan biaya. Apabila perusahaan dapat menggapai dan mempertahankan keseluruhan keunggulan biaya, maka perusahaan jadi menjadi perusahaan berkinerja tinggi di dalam industrinya asalkan perusahaan dapat menguasai dan industri.

Visi penting merupakan aspirasi manajemen tentang arah masa depan dan juga memberikan gambaran selakuala, menurut, rinci mengenai kemana organisasi tersebut akan bergerak. Visi ini sendiri menerangkan manfaat perusahaan dalam waktu jangka panjang dan membentuk identitas organisasi tersebut.

Aktivitas perumusan startegi, implementasi dan evaluasi terjadi di tiga tingkat hirarki dalam organisasi yang besar, korporasi, divisi ataupun unit bisnis strategis, lalu fungsional. Keunggulan biaya adalah strategi yang paling jelas dari ketiga strategi generik. Dengan konsep ini perusahaan bersiap menjadi produsen berbiaya rendah di dalam industrinya. Sumber keunggulan biaya bervariasi dan bergantung pada struktur industry.

Taktik terdiferensiasi menerangkan bisnis yg bersaing di pasar dalam luas dan menggunakan senjata bersaing yang berbeda untuk melayani berbagai segmen ocurrir. Strategi yang tidak terdiferensiasi menjelaskan bisnis yang juga bersaing dalam cakupan persaingan yang luas, tetapi tanpa diferensiasi produk dan jasa. Sedangkan bisnis dengan muslihat fokus adalah bisnis yg berkompetisi pada pasar yg sempit dan hanya memakai satu senjata bersaing yg seragam saja.

Bisnis tidak terlepas dari aktivitas produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Kegiatan bisnis pada umumnya memiliki tujuan menghasilkan laba, serta mengumpulkan cukup dana tuk kegiatan bisnis itu sendiri. Bisnis tidak akan berjalan dengan baik jika gak didukung dengan strategi bersaing yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *